PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus pada Pemerintah Provinsi di Indonesia Tahun 2019-2020)

DEWI AYU WULANDARI

Informasi Dasar

21.04.2209
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Belanja modal merupakan belanja yang dilakukan dalam mendukung pemenuhan sarana dan prasarana bagi kebutuhan publik. Dalam pelaksanaanya di lapangan menunjukkan bahwa belanja modal terus mengalami penurunan setiap tahunnya dibandingkan belanja lain seperti belanja pegawai dan belanja barang serta terjadinya penyebaran Covid – 19 di Indonesia membuat pemerintah melakukan pemangkasan belanja modal sekurang – kurangnya 50% dari anggaran yang seharusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah dan kinerja keuangan terhadap belanja modal pada pemerintah provinsi di Indonesia untuk semester I tahun 2019 – 2020 baik secara simultan maupun parsial. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Realisasi Anggaran yang terdapat pada website resmi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data sekunder dengan menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Data penelitian ini adalah pemerintah provinsi di Indonesia pada tahun 2019 – 2020. Teknik yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan populasi sampel Pemerintah Provinsi di Indonesia untuk semester I tahun 2019 dan Semester I tahun 2020, sehingga jumlah sampel dalam penelitian 68 unit sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penelitian ini menggunakan common effect model. Dimana hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan asli daerah dan kinerja keuangan berpengaruh secara simultan terhadap belanja modal. Secara parsial, pendapatan asli daerah berpengaruh signifikan positif terhadap belanja modal, sedangkan pada kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap belanja modal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pemerintah sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi kinerja instansi pemerintah dalam pengambilan keputusan untuk dapat meningkatkan belanja modal. Hal ini agar anggaran belanja dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan fasilitas pelayanan publik melalui belanja modal.

Kata kunci : pendapatan asli daerah, kinerja keuangan dan belanja modal

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus pada Pemerintah Provinsi di Indonesia Tahun 2019-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI AYU WULANDARI
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini