PENGARUH GENDER KOMITE AUDIT, UMUR PERUSAHAAN DAN LABA RUGI TERHADAP AUDIT DELAY (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

IZMI AULIA PRATIWI

Informasi Dasar

21.04.2219
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia merupakan perusahaan terbanyak yang mengalami Audit Delay selama periode 2015 sampai 2019. Terdapat 28 perusahaan yang mendapatkan peringatan terkait keterlambatan dalam menyampaikan Laporan Keuangan Auditan atau disebut Audit Delay. Publikasi laporan keuangan tanpa diikuti dengan ketepatwaktuan yang memadai akan mengurangi relevansi dan reliabilitas laporan keuangan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat pengaruh secara parsial ataupun simultan dari variabel Gender Komite Audit, Umur Perusahaan, dan Laba Rugi terhadap audit delay pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2019. Pengukuran dari setiap variabel didapat dari laporan tahunan perusahaan pada periode yang telah ditentukan. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, terdapat 200 sampel yang akan digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel untuk pengolahan data dengan menggunakan bantuan software Eviews 11. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan variabel Gender Komite Audit, Umur Perusahaan dan Laba Rugi berpengaruh terhadap Audit Delay. Secara parsial, Gender Komite Audit tidak berpengaruh terhadap audit delay, Umur perusaah berpengaruh positif terhadap audit delay dan Laba Rugi berpengaruh negatif terhadap audit delay. Penelitian ini memiliki keterbatasan dan kekurangan yang dialami yaitu kurangnya perusahaan yang menerbitkan laporan keuanganya secara konsisten pada tahun penelitian sehingga peneliti harus mengeluarkannyadari sampel. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan sebagai saran untuk memperluas referensi melakukan penelitian mengenai audit delay dan dapat menggunakan variabel lain atau mengubah objek penelitian yang berbeda untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Selain itu untuk variabel gender komite audit harus menggunakan skala nominal, jika menggunakan skala rasio harus masuk dalam kriteria sampling. Kata Kunci : Audit Delay, Gender Komite Audit, Umur Perusahaan, Laba Rugi

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH GENDER KOMITE AUDIT, UMUR PERUSAHAAN DAN LABA RUGI TERHADAP AUDIT DELAY (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IZMI AULIA PRATIWI
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini