Shopee merupakan salah satu marketplace atau aplikasi jual beli yang ada di Indonesia dengan jumlah pengguna tertinggi di tahun 2020/2021. Shopee menempati posisi pertama di Google Playstore berdasarkan jumlah orang yang men-download.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara e-service quality satisfaction terhadap aplikasi shopee yang akan berhubungan dengan information system (IS) success model. Menurut Bandiyono dan Mutaqqin (2020) penelitian ini dilakukan untuk memeriksa faktor kepuasan dari sistem E-Commerce.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis multivariate dalam pengolahan datanya dibantu SmartPLS 3.2.9. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari dimensi user satisfaction terhadap aplikasi Shopee. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert dengan jumlah responden sebanyak 395 orang.
Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan secara direct menggunakan SmartPLS dengan proses bootstrapping one-tailed untuk mengetahui pengaruh langsung antar variabel. Serta dilakukan Importance and Performance Matrix Analysis (IPMA) untuk menarik kesimpulan mengenai yang harus diprioritaskan.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah variabel system quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perceived usefulness, Information quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap compatibility, information quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perceived usefulness, information quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap compatibility, system quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap user satisfaction, service quality berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap user satisfaction, dan compatibility of use berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap user satisfaction ditolak, sedangkan variabel information quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived ease of use, Service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness, system quality berpengaruh postif dan signifikan terhadap compatibility, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap compatibility, information quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction, perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction dan diterima. Disarankan untuk perusahaan e-commerce Shopee agar mempertahankan service quality, menjaga sistem Shopee agar bekerja dengan baik, dan segera memperbaiki jika terdapat kesalahan sistem. Hal tersebut dapat dilakukan agar Shopee dapat mencapai user satisfaction dari para penggunanya.
Kata Kunci: E-service quality, Information System (IS) success model, PLS-SEM satisfaction, Shopee, Satistical Product and Service Solution (SPSS), User Satisfaction