Pengaruh Transfer Pricing, Capital Intensity dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang terdaftar di BEI tahun 2013-2019)

ALVIN PRAMBUDI

Informasi Dasar

21.04.2226
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pajak merupakan salah satu iuran yang harus dibayarkan oleh wajib pajak. Perusahaan merupakan salah satu wajib pajak yang harus melaksanakan kewajibannya dalam melaksanakan pembayaran pembayaran pajak. Tetapi dari sisi perusahaan pajak merupakan beban yang akan mengurangi laba bersih perusahaan sehingga perusahaan akan mencari cara untuk mengurangi beban pajak tersebut, salah satu tindakannya melalui tax avoidance. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh transfer pricing, capital intensity dan profitabiltas terhadap tax avoidance pada perusahaan sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2019. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 sampel yang terdiri dari 5 perusahaan dengan periode selama 7 tahun. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10 dengan melakukan beberapa tahap pengujian. Hasil penelitian menunjukkan transfer pricing, capital intensity dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap tax avoidance. Sedangkan secara parsial transfer pricing dan capital intensity tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Profitabilitas secara parsial berpengaruh secara positif terhadap tax avoidance. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan objek seperti sektor (makanan & minuman, pertambangan batu bara, farmasi, kosmetik & barang keperluan rumah tangga), menambah periode penelitian terbaru serta menggunakan proksi pengukuran lain seperti CETR, BTD atau pengukuran tax avoidance lainnya apabila variabel penelitian yang sama dan mampu untuk menambahkan variabel- variabel independen lain yang dianggap dapat memiliki pengaruh terhadap tax avoidance seperti leverage, corporate social responsibility, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, komisaris independen, komite audit, koneksi politik ataupun variabel independen lainnya yang diharapakan dapat memberikan penjelasan mengenai tax avoidance. Kata Kunci : Capital Intensity, Profitabilitas, Tax Avoidance dan Transfer Pricing

Subjek

TAX ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Transfer Pricing, Capital Intensity dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Otomotif yang terdaftar di BEI tahun 2013-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALVIN PRAMBUDI
Perorangan
ARDAN GANI ASALAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini