Nilai perusahaan merupakan tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan. nilai perusahaan merupakan indikator yang penting karena mencerminkan harga pasar saham perusahaan yang nantinyaakan diamati oleh para investor tentang pergerakan saham perusahaan tersebut yang akan dijadikan dalam keputusan berinvestasi. Semakin banyak peningkatan harga saham, maka akan semakin tinggi tingkat kemakmuran para pemegang saham.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2019 baik secara simultan maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang ada pada indeks LQ-45. Teknik pemilihan yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 16 sampel dan 64 observasi. Metode yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 10.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Sedangkan leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh.
Hasil penelitian ini diharapkan bahwa perusahaan bisa membuat ketetapan investasi yang maksimal sehingga sanggup meningkatkan nilai perusahaan. Investor dapat memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain seperti struktur modal, likuiditas, dan good corporate governance agar mendapatkan hasil yang akurat.
Kata Kunci: Leverage, Nilai Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan