PENGARUH INDEPENDENSI KOMITE AUDIT, KOMPETENSI KOMITE AUDIT DAN GENDER KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDOENSIA TAHUN 2016-2019)

ANDRIAN BAGASKARA

Informasi Dasar

21.04.2238
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan Keuangan bertujuan untuk memberikan informasi terhadap investor yang akan berinvestasi pada perusahaan agar dapat mengetahui suatu keadaan perusahaan. Perusahaan go public merupakan perusahaan yang wajib menyampaiakan laporan keuangan kepada Bursa Efek Indonesia dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, masih terdapat perusahaan yang mengalami keterlambatan dalam menerbitkan laporan keuangan atau audit delay. Berdasarkan peraturan KEP—346/BL/2011, yaitu untuk menyampaikan laporan keuangan paling lambat 90 hari setelah tahun buku berakhir dan peraturan diperbarui oleh Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.04/2016, yaitu untuk menyampaikan laporan keuangan paling lambat 120 hari setelah tahun buku berakhir. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh independensi komite audit, kompetensi komite audit, dan gender komite audit secara simultan dan parsial terhadap audit delay. Dalam hipotesis sementara, secara parsial independensi komite audit, komptensi komite audit, dan gender komite audit memiliki pengaruh negatif terhadap audit delay. Berdasarkan metode penelitian, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 59. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel independensi komite audit, kompetensi komite audit, dan gender komite audit berpengaruh terhadap audit delay. Secara parsial variabel independensi komite audit berpengaruh negatif terhadap audit delay, untuk variabel Kompetensi komite audit berpengaruh positif terhadap audit delay. sedangkan, variabel gender komite audit tidak berpengaruh terhadap audit delay Penelitian ini diharapkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay, selain itu penelitian ini dapat dijadikan wawasan untuk memprediksi audit delay yang dipengaruhi oleh independensi komite audit, kompetensi komite audit, dan gender komite audit . Oleh karena itu, diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh antara variabel independensi komite audit, kompetensi komite audit, dan gender komite audit terhadap audit delay

Kata Kunci : , Audit Delay, Gender Komite Audit, Independensi Komite Audit, dan Kompetensi Komite Audit

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH INDEPENDENSI KOMITE AUDIT, KOMPETENSI KOMITE AUDIT DAN GENDER KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDOENSIA TAHUN 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRIAN BAGASKARA
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini