Perkembangan teknologi saat ini semakin meningkat pesat, terlebih pada kemajuan bidang
e-commerce. Pada bisnis ini memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis dimana
pembeli atau penjual dapat melakukan transaksi dengan mudah, beserta jangkauan yang luas, dan
tidak memerlukan biaya yang mahal. Dengan melakukan pengukuran pengaruh Perspektif Trust
terhadap anggota dan perspektif Trust terhadap website kemudian perspektif Risk penggunaan
Social commerce yang diharapkan dapat memaksimalkan apa saja yang mempengaruhi Purchase
Intention pada aplikasi OLX. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Sejumlah 250 responden yang telah
menggunakan aplikasi OLX.com diambil sebagai sampel dengan metode non- probability sampling
yaitu dengan purposive sampling. Responden diminta untuk memberikan persepsinya dalam lima
skala ordinal terhadap 17 butir pernyataan. Seluruh indikator milik masing-masing variabel telah
diuji validitas dan reliabilitasnya.
Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, kecocokan model diuji dengan sekumpulan kriteria
goodness of fit. Lima hipotesis yang saling terkait membentuk sebuah model persamaan struktural
(SEM) diuji signifikansinya dengan uji T dan kemudian diukur kekuatan pengaruhnya. Seluruh
perhitungan untuk pengujian dilakukan dengan software LISREL 8.8. Hasil pada penelitian ini
menunjukan Trust toward member berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap Perceived
Commerce risk. Perceived Commerce risk berpengaruh langsung secara negatif dan signifikan
terhadap Intention to purchase. Trust toward website berpengaruh langsung secara positif dan
signifikan terhadap Intention to purchase. Trust toward member berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap Trust toward member. Trust toward member berpengaruh langsung secara
positif dan signifikan terhadap Intention to purchase. Habit berpengaruh memediasi hubungan
antara Trust toward website terhadap Intention to purchase sehingga hubungan positif akan
melemah ketika Habit tinggi. Penelitian ini merekomendasikan cara yang efektif untuk
meningkatkan minat pembelian pada Aplikasi OLX dengan cara menguatkan persespsi kepercayaan
beserta mengurangi resiko pembelian.
Kata kunci: Trust, Risk, Purchase Intention, Habit, SEM, Lisrel