PENGARUH KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT TENURE, DAN REPUTASI KAP TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2019)

IIZ IZZATULLAELI

Informasi Dasar

21.04.2275
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Going concern adalah asumsi mengenai kemampuan perusahaan dalam mempertahankan usahanya selama periode waktu tertentu dalam artian tidak akan terjadi kebangkrutan di masa yang akan datang. Perusahaan harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan usahanya baik secara operasional dan finansial dimasa sekarang dan di masa depan. Opini audit going concern adalah opini yang dikeluarkan oleh auditor untuk suatu perusahaan apabila perusahaan diragukan dalam mempertahankan kelangsungan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite audit, ukuran perusahaan, audit tenure, dan reputasi KAP berpengaruh secara simultan dan parsial pada penerimaan opini audit going concern. Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sebanyak 132 sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi non partisipan dengan mengunduh data dari BEI. Metode analisis menggunakan analisis regresi logistik. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan software IBM SPSS Statistic versi 26. Berdasarkan hasil penelitian, variabel komite audit, ukuran perusahaan, audit tenure, dan reputasi KAP memiliki pengaruh secara simultan terhadap opini audit going concern. Secara parsial, variabel komite audit, ukuran perusahaan, audit tenure tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan variabel reputasi KAP berpengaruh negatife dan signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Penelitian selanjutnya diharapkan lebih mengembangkan variabel atau mengganti proksi selain dari variabel yang telah digunakan dan disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah atau menggunakan sampel penelitian dengan objek perusahaan sektor lainya.. Bagi investor, disarankan untuk memperhatikan opini yang diperoleh suatu perusahaan sehingga investor tidak salah dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi. Kata Kunci: Audit Tenure, Komite Audit, Opini Audit Going Concern, Reputasi KAP, Ukuran Perusahaan

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH KOMITE AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT TENURE, DAN REPUTASI KAP TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IIZ IZZATULLAELI
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini