PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, SLACK RESOURCES DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017 – 2019)

VIRA RIZKYKA SYAWALINE

Informasi Dasar

21.04.2276
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lingkungan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan perusahaan dalam menjalankan aktivitas operasional. Hal ini dikarenakan kegiatan operasional perusahaan menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada lingkungan. Corporate social responsibility disclosure merupakan hal penting bagi perusahaan untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pihak yang berkepentingan serta menunjukkan sikap tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komisaris independen, slack resources, dan profitabilitas terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah komisaris independen, slack resources, dan profitabilitas sebagai variabel independen, sedangkan corporate social responsibility disclosure sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 75 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 60 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah regresi data panel menggunakan program Eviews. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris independen, slack resources, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap corporate social responsibility disclosure. Secara parsial komisaris independen tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure, sedangkan slack resources dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility disclosure. Pada penelitian selanjutnya, disarankan peneliti lain dapat menggunakan variabel bebas lain yang memiliki pengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Peneliti selanjutnya juga dapat menambahkan periode penelitian yang terbaru sehingga dapat mengetahui perkembangan upaya perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, Komisaris Independen, Profitabilitas, Slack Resources.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KOMISARIS INDEPENDEN, SLACK RESOURCES DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017 – 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIRA RIZKYKA SYAWALINE
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini