ABSTRAK
Wardah Cosmetic diketahui sebagai produk dengan tingkat penjualan yang tinggi
pada marketplace Shopee. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk kosmetik
Wardah. Fenomena ini menjadikan ketertarikan tersendiri untuk dilakukan
penelitian dengan melakukan analisis pada variabel Online Customer Review dan
Online Customer Rating, yang diketahui sebagai faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Purchase
Decision pada konsumen produk Wardah melalui marketplace Shopee secara
parsial dan simultan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
explanatory research. Sampel pada penelitian sebesar 97 responden yang dipilih
dengan metode non-probability sampling dan teknik purposive sampling. Data
yang terhimpun pada penelitian akan diolah dan dianalisis secara deskriptif dan
analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil analisis deskriptif pada variabel Online Customer Review dan Online
Customer Rating berada pada kategori sangat tinggi, sementara Purchase
Decision berada pada kategori tinggi. Hasil analisis regresi linier berganda
menunjukkan bahwa secara parsial Online Customer Review berpengaruh
terhadap Purchase Decision pada konsumen produk Wardah melalui marketplace
Shopee, sementara Online Customer Rating tidak berpengaruh terhadap Purchase
Decision pada konsumen produk Wardah melalui marketplace Shopee. Hasil
regresi linier berganda secara simultan menunjukkan bahwa Online Customer
Review dan Online Customer Rating berpengaruh terhadap Purchase Decision
pada konsumen produk Wardah melalui marketplace Shopee, dengan pengaruh
sebesar 32,7%.
Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Purchase
Decision, Shopee, Wardah