PENGARUH KONTEN #BISABARENG INSTAGRAM @TINDERINDONESIA TERHADAP BRAND IMAGE PADA FOLLOWERS

MEILIN ISABELLA

Informasi Dasar

21.04.2304
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Era globalisasi sejalan dengan perkembangan teknoligi digital, yang dimana banyak perusahaan memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan pembentukan brand di media sosial salah satunya Tinder. Dengan sebanyak 14,3 ribu followers periode 20 November 2020, akun Instagram @tinderindonesia menjadi platform media sosial Tinder dengan jumlah followers terbanyak dan hanya menjadi akun Instagram resmi khusus di Indonesia diantara aplikasi pencarian jodoh lainnya. Konten #BisaBareng yang terdapat di dalam Instagram dangat beraneka ragam dan cukup aktif dalam mengunggah konten. Tinder memiliki persepsi/stigma yang negatif juga sering mendapatkan cibiran. Dalam mereposisi brand image Tinder dari persepsi atau stigma yang negatif menjadi positif dengan memposisikan Tinder sebagai Social Discovery App di Indonesia, Tinder memanfaatkan platform media sosial Instagram unutuk membangun brand image. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu konten instagram (X) dan satu variabel dependen yaitu brand image (Y) dengan tujuan untuk mengukur adakah pengaruh konten #BisaBareng Instagram @tinderindonesia terhadap brand image pada followers. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kasual. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability samping dengan jenis purposive-sampling, penelitian dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 390 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel konten media sosial (X) terhadap variabel brand image (Y) adalah sebesar 47,2%. Sedangkan sisanya sebesar 52,8% dijelaskan oleh faktor lainnya. Hasil uji-t menunjukkan bahwa konten media sosial (X) memiliki nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, karena nilai thitung (18,627) > nilai ttabel (1,966), dari tingkat signifikansi 0,000 < 0,005. Maka hasil akhirnya yaitu H0 ditolak H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa konten #BisaBareng Instagram @tinderindonesia diidentifikasikan berpengaruh positif terhadap pembentukan Brand Image Tinder pada followers. Kata kunci: Konten Media Sosial, Instagram, Brand Image

Subjek

BRAND IMAGE
 

Katalog

PENGARUH KONTEN #BISABARENG INSTAGRAM @TINDERINDONESIA TERHADAP BRAND IMAGE PADA FOLLOWERS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEILIN ISABELLA
Perorangan
ITCA ISTIA WAHYUNI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini