“Menjaga Rinjani” merupakan animasi 2D yang mengangkat sebuah fenomena bencana kekeringan yang terjadi di Lombok Tengah. Dengan ditampilkan karakter yang berasal dari Lombok maka dioptimalkan karakter dalam animasi ini untuk bisa menampilkan kebudayaan masyarakat yang ada di Lombok. Agar bisa mengetahui kebudayaan masyarakat Lombok, maka diperlukan adanya penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan Studi Literatur, Observasi, dan wawancara. Lalu data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Perancangan karakter untuk animasi pendek 2D “Menjaga Rinjani” ini dibuat berdasarkan naskah cerita yang dibangun mengacu pada data-data fenomena yang telah dikumpulkan. Hasil dari perancangan ini adalah desain karakter Nova, Lalu, Inak, Tunas, dan Monster Pohon yang sesuai dengan kebutuhan naskah animasi 2D “Menjaga Rinjani”.
Kata kunci: Pulau Lombok, Kekeringan, Animasi 2D, Perancangan Karakter Animasi