PERANCANGAN STRATEGI BRANDING “TAHU MIRASA CONGGEANG” DI SUMEDANG

ENENG DIDA HILDA H.

Informasi Dasar

21.04.2367
659.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sumedang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal sebagai kota wisata kuliner, yang menjadi ciri khasnya adalah Tahu Sumedang. Makanan berbahan dasar kacang kedelai dan campuran bumbu yang khas ini telah menjadi komoditas utama yang merajai industri kuliner di kota Sumedang. Hampir sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pedagang tahu dan bahkan ada yang memiliki pabrik sendiri. Dengan demikian, Tahu Sumedang mengalami kemajuan dari masa ke masa, sehingga setiap kedai Tahu Sumedang memiliki cara tersendiri dalam upaya memperkenalkan produknya pada pelanggannya. Hal inilah yang membuat produsen tahu Sumedang berlomba-lomba untuk menarik perhatian pelanggannya. Akan tetapi, banyak dari mereka yang belum memahami pentingnya strategi branding sehingga identitas dari produk belum terlihat. Oleh karena itu, disini penulis bermaksud membuat sebuah rancangan tentang “bagaimana sebuah produk dapat memperluas jangkauan pemasaran melalui Strategi Branding” Untuk metode penelitian, penulis melakukan pengumpulan data dan analisis data, dimana penulis melakukan observasi di tempat, wawancara dengan narasumber, pengumpulan data lainnya dengan melakukan dokumentasi dan studi pustaka. Selanjutnya, data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model AOI, AISAS, dan SWOT. Berdasarkan hasil penelitian serta perancangan yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa Tahu Mirasa perlu melakukan strategi branding, dengan cara menonjolkan identitas visual (visual identity) yang baru dari sehingga Tahu Mirasa dapat terlihat berbeda dari kompetitornya, dengan menonjolkan estetik jadul namun dikemas dengan gaya kekinian. Untuk perancancangan branding ini dibutuhkan media utama dan media pendukung agar menarik perhatian audiens, seperti logo, kemasan, poster, booth, spanduk, dll. Media promosi yang sudah dibuat diharapkan dapat menarik perhatian konsumen di Sumedang mau pun di luar Sumedang untuk membeli tahu di kedai Tahu Mirasa. Kata Kunci: Industri Kuliner, Merek, Tahu Mirasa Sumedang, Identitas Visual, Perancangan

Subjek

ADVERTISING STRATEGY
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI BRANDING “TAHU MIRASA CONGGEANG” DI SUMEDANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENENG DIDA HILDA H.
Perorangan
Yelly Andriani Barlian, Apsari Wiba Pamela
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini