Rahendra, Salsabila Yasmin Yobi. 2021. Desain Karakter Animasi 2D Sebagai
Upaya Meningkatkan Perbelanjaan UMKM Kuliner Selama Masa Pandemi. Tugas
Akhir. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif.
Universitas Telkom.
Sejak terjadinya pandemi COVID-19 di Indonesia, terdapat perubahan dalam
konsumsi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner lokal. Baik secara
penurunan pelanggan atau ditetapkannya protokol ekstra yang harus ditaati. Guna
mempromosikan UMKM di sektor ini, media sosialisasi dan promosional yang
dibuat harus bisa menyampaikan pesan secara jelas. Metode pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Dalam
mendesain karakter animasi 2 dimensi (2D), penyampaian pesan atau promosi ini
dapat dilakukan dengan mengintegrasikan aspek-aspek pandemi kedalam unsur
intrinsik dan ekstrinsik desain karakter; yaitu busana dan aksesoris, serta
penyesuaian personality dan alur cerita yang dirancang sesuai tema. Desain
karakter animasi 2D ini bertujuan untuk mengarahkan perhatian target audiens
terhadap UMKM kuliner, dan mempromosikan audiens untuk turut serta
mendukung UMKM sektor kuliner selama masa pandemi ini.
Kata Kunci: UMKM, Usaha Rumah Tangga, Kuliner, Pandemi, COVID-19,
Animasi, Desain, Karakter.