Pengukuran Kualitas Layanan Dengan Metode Service Quality (SERVQUAL) Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage Bandung Tahun 2021

ISMAYDA VIVI LUFITA

Informasi Dasar

46 kali
21.06.157
658.807
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kualitas pelayanan merupakan salah satu aspek yang penting dalam sebuah pemasaran baik itu itu barang maupun jasa. Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Jika layanan yang diterima sesuai dan memenuhi apa yang diharapkan maka jasa dikatakan baik namun sebaliknya jika layanan yang diterima buruk maka kualitas pelayanan dipersepsikan negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas layanan yaitu: tangible (layanan fisik), reliability (kehandalan), responsivness (tanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) pada nasabah BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage Kota Bandung dengan menggunakan metode SERVQUAL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar kualitas layanan yang ada pada BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage, Kota Bandung 2021. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah pada Bank BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage Kota Bandung dengan 100 nasabah yang akan dijadikan sampel. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan penggunaan metode SERVQUAL diperoleh hasil pengukuran kualitas layanan pada BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage, diantaranya: tangible (bukti fisik) sebesar 79,12%, emphaty (empati) sebesar 77,56%, reliability (kehandalan) sebesar 80,8%, responsiveness (daya tanggap) sebesar 76,76%, dan assurance (jaminan) sebesar 80%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan pada BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage, Bandung Tahun 2021 terlaksana dengan baik.

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

Pengukuran Kualitas Layanan Dengan Metode Service Quality (SERVQUAL) Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage Bandung Tahun 2021
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ISMAYDA VIVI LUFITA
Perorangan
Rennyta Yusian
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini