ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju membuat internet menjadi media yang memegang peran penting dalam mengembangkan dunia perekonomian. Beriklan secara online adalah suatu cara cepat dan efisien untuk berpromosi, tanpa adanya promosi perusahaan akan tertinggal oleh pesaing-pesainynya, tak terkecuali perusahaan yang mengembangkan sebuah game. Sebuah perusahaan asal Cina, miHoYo mengembangkan sebuah game yang bernama Genshin Impact. Dengan berjalannya waktu, banyak iklan-iklan yang sudah dipromosikan oleh miHoYo dan pada penelitian ini akan memfokuskan perbandingan efektivitas iklan web event Genshin Impact versi "Hilidream Camp" pada media aplikasi, Facebook, Twitter dan website yang dipromosikan pada 21 April 2021 mengunakan dimensi EPIC Model, yaitu Empathy, Persuasion, Impact dan Communication. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif yang menggunakan 300 orang responden sebagai sampel dengan teknik purposive sampling dan menggunakan teknik non parametrik uji Kruskal Wallis. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas iklan pada masing-masing media iklan berbeda secara nyata, masing-masing media iklan memiliki skor Empathy, Persuasion, Impact dan Communication yang berbeda sehingga memiliki keunggulan tersendiri. Terdapat pula perbandingan efektivitas iklan pada masing-masing media iklan yang berbeda secara nyata berdasarkan EPIC Rate, media Aplikasi memilki skor 3,247, Facebook memiliki skor 3,177, Twitter memiliki skor 3,215 dan Website memiliki skor 3,267.
Kata Kunci: Efektivitas Iklan, EPIC Model, Media Iklan