PENGOLAHAN MOTIF DIGITAL BERBASIS BITMAP TERINSPIRASI RUMAH ADAT INDONESIA

DYAH WISNU WARDHANI

Informasi Dasar

21.04.2412
646.407 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan adanya digital motif saat ini, membantu desainer dalam pengolahan dan pengembangan motif pada busana. Aplikasi yang digunakan salah satunya adalah adobe photoshop berbasis bitmap. Di Indonesia sudah ada brand yang mengolah digital motif pada busana, seperti brand 2 Madison’, brand ‘Smitten by Pattern’ dan brand ‘Ideku Handmade’. Inspirasi motif dari ketiga brand ini adalah abstrak, animasi, bentuk-betuk modern seperti kehidupan sehari-hari dan flora. Brand di Indonesia sebenarnya sudah mengolah motif bertema kebudayaan Indonesia,seperti brand ‘Minilab99’ dan ‘Sepiring Indonesia’. Namun disisi lain masih ada potensi visual Indonesia yang dapat dijadikan digital motif yaitu rumah adat Indonesia. Tetapi mayoritas brand di Indonesia mengolah motif terinspirasi rumah berbasis vector dan masih jarang yang mengolah motif tersebut berbasis bitmap.

Metode penelitian yang digunakan diantaranya studi literatur, observasi lapangan, observasi online, dan yang memiliki tahapan eksplorasi eksplorasi awal, eksplorasi lanjutan satu dan dua, eksplorasi kombinasi dan eksplorasi terpilih. Untuk semua tahapan eksplorasi, teknik yang digunakan adalah teknik simetry repeatation pattern dengan menggunakan objek penelitian rumah adat Indonesia sebagai inspirasi dalam pengolahan motif yang inovatif dan berunsur budaya.

Digital motif yang dibuat merupakan motif berbasis bitmap terinspirasi dari visual rumah adat Indonesia yang memiliki motif geometri dan simetri serta diaplikasikan keatas sepuluh lembar kain zara silk dengan menggunakan teknik digital print.

Kata Kunci: Digital Motif, Motif, Rumah Adat

Subjek

PATTERN DESIGN
 

Katalog

PENGOLAHAN MOTIF DIGITAL BERBASIS BITMAP TERINSPIRASI RUMAH ADAT INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DYAH WISNU WARDHANI
Perorangan
Morinta Rosandini, M.Sigit Ramadhan
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Industri Kreatif
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini