Sejak pandemi Covid–19 melanda seluruh dunia (termasuk Indonesia), Puskesmas mulyaharja sebagai salah satu garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan yang diharuskannya masyarakat tidak berkerumun atau berkumpul pada objek – objek atau tempat vital yang rawan terpapar virus Covid-19. Akibat dari terjadinya pandemi Covid–19 membuat fasilitas dan pengelolaan pelayanan kesehatan puskesmas menjadi terbatas saat ingin memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.
Dengan adanya perancangan dan implementasi website pelayanan kesehatan puskesmas berbasis framework laravel ini dapat membantu puskesmas mulyaharja dalam memberikan pelayanan kesehatan seperti memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara daring, pemeberian nomor antrian pemeriksaan, pemberian informasi tentang jadwal praktik dan poli apa yang ada pada puskesmas, serta pendataan atau pengarsipan data pelayanan kesehatan yang lebih mudah Dengan hal ini puskesmas dapat dengan mudah memberikan fasilitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang ingin melakukan pelayanan kesehatan dan dapat meminimalisir berkumpulnya masyarakat di puskesmas tersebut, sehingga dapat menekan dan memutus rantai penyebaran wabah Covid-19. Pada perancangan dan implementasi website pelayanan kesehatan ini menggunakan framework laravel yang dimana laravel adalah framework open source PHP berbasis web gratis yang mudah untuk dikembangkan.
Dengan adanya proyek akhir aplikasi pelayanan kesehatan berbasis web ini dapat membantu proses pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah kerja puskesmas mulyaharja, karena masyrakat cukup mengakses aplikasi ini untuk menjalani pelayanan kesehatan di puskesmas mulyaharja. Pada pengujian aplikasi web pelayanan kesehatan yang dilakukan didapatkan hasil pengujian tentang kepuasan dan pengalaman terdiri dari 2 pengujian yang pertama pengujian kepuasan pengguna pengguna yaitu petugas kesehatan dengan menggunakan kuesioner sebagai wadah untuk mengumpulkan informasi tersebut dan didapatkan hasil rata – rata sebesar 4,71% dari 17 respoden denga jumlah pertanyaan sebanyak 14 buah dan pengujian kualitas sistem website dengan menggunakan tools pengujian website Google Lighthouse dengan menggunakan 4 parameter pengujian yang hasil rata - rata pengujian pada parameter Performance dengan skor 97.7, Accesibility dengan skor 75.1, Best Practice skor 93, SEO dengan skor 82.
Kata Kunci : Puskesmas Mulyahrja, Covid–19, Laravel, Pelayanan Kesehatan, Masyarakat