RM. Moro Seger merupakan usaha di bidang kuliner pengolahan daging sapi yang
berdiri sejak tahun 2009. RM. Moro Seger berlokasi di Jl. Sidomoyo, tirtoadi,
sleman Yogyakarta. Segmen pelanggan RM. Moro Seger yaitu pelanggan
individu. Segmen pelanggan individu yang di maksud adalah pelanggan yang
berada di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Pada awal berdiri nya rumah makan ini
tidak terlalu memikirkan perancangan strategi bisnis yang tepat agar dapat
bersaing dalam jangka panjang terutama kurangnya pengetahuan atas pemasaran
menggunakan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh karena
itu, dilakukan penulisan tugas akhir ini untuk merancang strategi model bisnis
yang lebih baik lagi agar dapat berkembang dan dapat bersaing. Tugas akhir
menggunakan pendekatan Business Model Canvas dengan menganalisis sembilan
elemen blok nya yaitu Customer Segments, Value proposition, Channels, Revenue
streams, Customer Relationship, Key Activities, Key resource, Key partnership
dan Cost structure. Langkah awal yang dilakukan yaitu wawancara bersama
pemilik rumah makan dan observasi secara langsung untuk mendapatkan
informasi internal mengenai bisnis model saat ini. Selanjutnya wawancara
bersama beberapa pelanggan untuk mendapatkan data Customer profile dan
analisis lingkungan bisnis yang diperoleh dari studi literatur. Dari pengumpulan
data tersebut, di analisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan, dan adanya peluang serta ancaman yang mempengaruhi
jalannya kegiatan bisnis yang sedang dijalankan. Setelah dilakukan analisis
SWOT, hasil nya digunakan untuk memunculkan strategi usulan dan melakukan
perancangan Value proposition canvas dengan penyesuaian terhadap Customer
profile yang kemudian dibentu rancangan model bisnis usulan RM. Moro Seger.
Adapun beberapa model bisnis yang di usulkan terhadap blok elemen Value
proposition, Channels, Key partnership, Key Activities dan Key resources.
Kata Kunci: Rumah Makan Moro Seger, Business Model Canvas,Customer
profile, Analisis Lingkungan Bisnis, SWOT, Value proposition Canvas