STRATEGI PERANCANGAN MODEL BISNIS PADA RM. MORO SEGER MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

ERSYURA LIANDHINI

Informasi Dasar

94 kali
21.04.2530
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

RM. Moro Seger merupakan usaha di bidang kuliner pengolahan daging sapi yang berdiri sejak tahun 2009. RM. Moro Seger berlokasi di Jl. Sidomoyo, tirtoadi, sleman Yogyakarta. Segmen pelanggan RM. Moro Seger yaitu pelanggan individu. Segmen pelanggan individu yang di maksud adalah pelanggan yang berada di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Pada awal berdiri nya rumah makan ini tidak terlalu memikirkan perancangan strategi bisnis yang tepat agar dapat bersaing dalam jangka panjang terutama kurangnya pengetahuan atas pemasaran menggunakan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, dilakukan penulisan tugas akhir ini untuk merancang strategi model bisnis yang lebih baik lagi agar dapat berkembang dan dapat bersaing. Tugas akhir menggunakan pendekatan Business Model Canvas dengan menganalisis sembilan elemen blok nya yaitu Customer Segments, Value proposition, Channels, Revenue streams, Customer Relationship, Key Activities, Key resource, Key partnership dan Cost structure. Langkah awal yang dilakukan yaitu wawancara bersama pemilik rumah makan dan observasi secara langsung untuk mendapatkan informasi internal mengenai bisnis model saat ini. Selanjutnya wawancara bersama beberapa pelanggan untuk mendapatkan data Customer profile dan analisis lingkungan bisnis yang diperoleh dari studi literatur. Dari pengumpulan data tersebut, di analisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan, dan adanya peluang serta ancaman yang mempengaruhi jalannya kegiatan bisnis yang sedang dijalankan. Setelah dilakukan analisis SWOT, hasil nya digunakan untuk memunculkan strategi usulan dan melakukan perancangan Value proposition canvas dengan penyesuaian terhadap Customer profile yang kemudian dibentu rancangan model bisnis usulan RM. Moro Seger. Adapun beberapa model bisnis yang di usulkan terhadap blok elemen Value proposition, Channels, Key partnership, Key Activities dan Key resources.

Kata Kunci: Rumah Makan Moro Seger, Business Model Canvas,Customer profile, Analisis Lingkungan Bisnis, SWOT, Value proposition Canvas

Subjek

BUSINESS STRATEGY
 

Katalog

STRATEGI PERANCANGAN MODEL BISNIS PADA RM. MORO SEGER MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERSYURA LIANDHINI
Perorangan
MARIA DELLAROSAWATI, ROSAD MA'ALI EL HADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini