Perancangan User Interface dalam Bentuk Mobile Application untuk Aplikasi Inventory dan Finance management bagi UMKM Menggunakan Metode User Centered Design(UCD)

DELLA ELVA

Informasi Dasar

21.04.2536
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam hal memanfaatkan teknologi, UMKM di Kabupaten Subang masih jauh tertinggal. Manajemen stok dan keuangan masih dilakukan secara manual dengan mengandalkan miscrosoft excel dan kalkulator. Padahal pada zaman ini semua sudah memanfaatkan teknologi untuk memudahkan segala hal dan mencapai keberhasilan. Seharusnya UMKM di Kota Subang sudah menggunakan aplikasi dalam hal manajemen stok dan keuangan. Namun sebelum dibuatnya sebuah aplikasi pentingnya memperhatikan tampilan dari aplikasi tersebut yang mudah dipahami karena UMKM di Kota Subang, sama sekali belum pernah menggunakan sebuah sistem untuk manajemen stok dan keuangan sehingga karena belum pernah sama sekali menggunakan sebuah sistem tersebut, pengguna akan bingung jika harus langsung menggunakan aplikasi manajemen stok dan keuangan dan pengguna akan merasa tidak nyaman karena harus mengubah kebiasaan atau tidak sesuai kebutuhan. Sehingga dari permasalahan yang ada akan dirancang sebuah user interface untuk aplikasi inventory dan finance manangement bagi UMKM dari sisi pemilik pemilik usaha (owner) dan pegawai (employee) di Kota Subang yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna. Agar pengguna tidak merasa bingung atau kurang nyaman karena tampilan aplikasi manajemen stok dan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna. User interface dirancang dengan mnggunakan metode user centered (UCD) design yang berfokus pada pengguna agar hasil sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan melewati beberapa tahapan sampai pada akhirnya dilakukan pengujian terhadap user interface yang sudah ada dengan menggunakan metode system usability scale (SUS) dan black box testing. Maka hasil pengujian dengan menggunakan metode system usability scale (SUS) mendapatkan acceptability ranges dengan hasil acceptable,grade scale C serta hasil adjective ratings dengan hasil good yaitu sebesar 73. Sedangkan hasil pengujian dengan metode black box testing mendapatkan hasil bahwa fungsi-fungsi yang ada dapat berjalan sesuai yang diharapkan dan berjalan sebagaimana mestinya.

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

Perancangan User Interface dalam Bentuk Mobile Application untuk Aplikasi Inventory dan Finance management bagi UMKM Menggunakan Metode User Centered Design(UCD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DELLA ELVA
Perorangan
Yudi Priyadi, Monterico Adrian
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini