Sumber Anugerah merupakan sebuah usaha baru yang bergerak dibidang
pengolahan biji kopi di Bandung, Jawa Barat. Banyaknya usaha pada bidang
serupa membuat Sumber Anugerah harus dapat menciptakan kreasi baru
dalam memasarkan produknya, terlebih dalam memanfaatkan sosial media
sebagai media utama penjualannya. Dalam penelitian ini, adapun tujuan yang
ingin dicari adalah bagaimana proses penggabungan ketiga elemen guna
mencari tahu efektivitas akan sebuah produk yang dijual melalui platform
sosial media, terlebih produk biji kopi olahan milik Sumber Anugerah.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif serta metode
kuantitatif. Sampel yang didapatkan merupakan hasil penyebaran kuesioner
yang telah dilakukan kepada 100 responden yang menjadi objek penelitian,
sesuai dengan teori Slovin yang menggunakan teknik sampling jenuh.
Menurut hasil analisa penulis mengenai objek penelitian Efektivitas Sosial
Media Marketing Terhadap Customer Engagement dan Keputusan
Pembelian di Sumber Anugerah, ditemukan hasil bahwa Sumber Anugerah
sudah mendapatkan respon yang cukup baik. Dalam faktor customer
engagement sendiri, tercatat angka 63,75% yang dapat dikategorikan cukup
baik karena proses penyampaian isi materi di sosial media Sumber Anugerah
cukup dapat diterima oleh konsumen. Kesimpulan dalam penelitian ini
adalah Sumber Anugerah sebagai usaha baru yang mulai memasarkan
produknya melalui sosial media dapat mulai fokus pada proses pembentukan
customer engagement yang merupakan tahap utama agar konsumen tertarik
dan akhirnya melakukan keputusan untuk pembelian produk.