Ditengah perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks, industri UMKM di tanah air saat ini sedang menghadapi situasi yang sangat sulit. Secara domestik, regional, maupun global Persaingan menjadi kian ketat seiring dengan derasnya arus perdagangan bebas yang secara tidak langsung menimbulkan kompetisi bagi para pelaku UMKM. Seiring perubahan zaman yang semakin kompleks, serta perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat pelaku usaha di lini mikro kecil menengah ini ditantang untuk menemukan cara agar produknya dikenal masyarakat luas. Salah satu bentuk pemanfaatannya yaitu melalui teknologi informasi yang dapat menyimpan, mengelola, serta mendistribusikan informasi untuk memasarkan produk agar dikenal masyarakat luas.
Dewasa ini Preferensi konsumen sudah beralih dimana dari yang dulunya hanya berbelanja langsung datang ke toko fisik namun sekarang konsumen sudah dapat mengakses toko dimana saja dan kapan saja menggunakan sistem yang memanfaatkan internet yaitu disebut E-Commerce. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem untuk dapat menjadi media digitalisasi terkait pemasalahan tersebut.metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Waterfall Metode karena dapat dijalankan secara sistematis dan sekuensial. Selanjutnya perancangan akan dilakukan pengujian menggunakan Blackbox Testing dan ISO 9126, didapatkan bahwa usulan perbaikan ini dapat membantu untuk mengoptimalkan Preferensi Pengguna serta administrasi transaksi penjualan kepada pemilik.