PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT (UMKM Tahu di Desa Sambong)

DJIHAN AYU WULANDARI

Informasi Dasar

409 kali
21.04.2605
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Usaha mikro kecil menengah di Indonesia sangat meningkat salah satunya usaha Tahu Sambong yang berada di Desa Sambong Kecamatan Randublatung, usaha Tahu Sambong ini sangat membantu pemerintah dalam sektor agroindustri karena bahan baku pembuatan Tahu Sambong sendiri yaitu kedelai. Dilihat dari segi ekonomi kedelai yang diolah akan meningkatkan nilai jual yang tinggi seperti Tahu Sambong yang banyak diminati oleh para konsumennya. Hal ini menyebabkan usaha Tahu Sambong perlu meningkatkan kulitas produk dan harga yang ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Minat Beli konsumen Tahu Sambong di Desa Sambong Kecamatan Randublatung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan beberapa uji meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, Methode of Succesive, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang. Hasil penelitian yang didapatkan ialah bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel harga dan kualitas produk terhadap minat beli. Variabel harga (X1) termasuk ke dalam kategori baik dengan presentase sebesar 81,1%. Variabel kualitas produk (X2) termasuk ke dalam kategori baik dengan presentase sebesar 82%. Variabel minat beli (Y) termasuk ke dalam kategori baik dengan presentase sebesar 82,85%. Ketika variable termasuk kedalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan dari harga terhadap minat beli dan secara parsial terdapat pengaruh signifikan dari kualitas produk terhadap minat beli. Hasil koefisien determinasi yang ditunjukan pada hasil R square sebesar 0,113 atau 11,3%. Dari nilai tersebut dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh variabel harga dan kualitas produk terhadap minat beli adalah sebesar 14,6%. Sedangkan sisanya sebesar 85,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Minat Beli, UMKM

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT (UMKM Tahu di Desa Sambong)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DJIHAN AYU WULANDARI
Perorangan
Tri Indra Wijaksana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Adminstrasi Bisnis
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini