SISTEM ANTENA UNTUK AIS (AUTOMATIC IDENTIFICATION SYSTEM) PADA SATELIT NANO

I MADE AGUS DWIPAYANA

Informasi Dasar

21.04.2663
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Satelit nano merupakan jenis satelit yang mempunyai massa 1 – 10 kg dan mempunyai ukuran yang berdasarkan pada standarisasi cubesat. Penelitian satelit nano pada saat ini banyak dikerjakan oleh golongan mahasiswa karena dalam pembuatan satelit nano memerlukan biaya yang lebih murah dari biaya pembuatan satelit berukuran lebih besar dari satelit nano. Salah satu aplikasinya digunakan sebagai penerima informasi Automatic Identification System (AIS) yang bertujuan memperluas jangkuan penerimaan sinyal tersebut. Dibutuhkannya sebuah antena sebagai penerima sinyal AIS yang bekerja pada frekuensi tengah 159 MHz dan memiliki ukuran yang dapat memenuhi standar dari cubesat.

Antena yang diaplikasikan sebagai penerima sinyal AIS adalah antena monopole yang ditambahkan dengan mekanisme sistem deploy. Penambahan mekanisme sistem deploy diterapkan karena antena monopole mempunyai ukuran panjang yang melebihi ukuran satelit nano 1U dengan mekanisme sistem deploy tersebut menjadikan antena dapat tersimpan pada struktur satelit nano 1U dan agar dapat bekera dengan baik. Kemudian dengan sistem elektrik mekanisme deploy antena akan membentang dengan waktu 2 detik setelah RBF (Remove Before Flight) telah dilepaskan. Ketika antena sudah terbentang, arus yang mengalir pada sistem elektrik tersebut akan diberhentikan. Pada sistem elektrik mekanisme deploy menggunakan komponen transistor MOSFET IRFZ24N beserta komponen pendukung dan kawat pemanas berupa nichrome wire yang dikontrol pada mikrokontroler.

Pada Tugas Akhir ini didapatkan hasil sebuah antena monopole penerima sinyal AIS pada satelit nano dengan bekerja pada frekuensi tengah 159 MHz, memiliki VSWR ? 2 denga bandwidth 13.66 MHz pada rentang frekuensi 152.57 – 166.23 MHz, pola radiasi omnidirectional, polarisasi linier, dan gain sebesar 2.5 dBi serta berhasilkan menjalankan mekanisme sistem deploy dengan waktu 2 detik.

Subjek

Antennas-electromagnetics
 

Katalog

SISTEM ANTENA UNTUK AIS (AUTOMATIC IDENTIFICATION SYSTEM) PADA SATELIT NANO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I MADE AGUS DWIPAYANA
Perorangan
Edwar, Heroe Wijanto
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini