PENGARUH SUDUT LED MULTIBEAM DAN INTERFERENSI CAHAYA MATAHARI TERHADAP CAKUPAN AREA PADA SISTEM LIGHT FIDELITY

DESSINTA EKA WULANDARI

Informasi Dasar

21.04.2670
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini berkembang sangat pesat. Semakin tinggi pula keinginan masyarakat untuk mengakses internet dengan cepat dan efisien. Light Fidelity (Li-Fi) merupakan teknologi komunikasi nirkabel yang mempunyai kecepatan transfer data yang cepat dan spektrum frekuensi yang lebih besar daripada Wireless Fidelity (Wi-Fi). Teknologi Li-Fi menggunakan cahaya tampak pada lampu Light Emitting Diode (LED) sebagai media transmisi datanya. LED multibeam merupakan LED yang mempunyai beberapa pancaran dalam satu lampu.
Tugas Akhir ini dilakukan perancangan simulasi untuk mengetahui kinerja lampu LED multibeam dengan perubahan arah sudut beamnya sebesar 15º, 30º, dan 45º terhadap coverage area. Penelitian ini akan dilakukan di ruangan yang berukuran 5 x 5 x 3 meter dengan lampu diletakkan di titik koordinat (0, 0, 3) dan terdapat dua skenario yang dilakukan pada penelitian ini, skenario pertama ruangan tidak terdapat interferensi cahaya matahari, sedangkan untuk skenario kedua terdapat jendela di salah satu sisi tembok sehingga sebagian ruangan terinterferensi cahaya matahari. Kedua skenario ini menggunakan kanal Line of Sight (LOS). Performansi yang dianalisis Signal to Noise Ratio (SNR), dan Bit Error Rate (BER) untuk mencari coverage area. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem tanpa cahaya matahari lebih baik dari pada dengan interferensi cahaya matahari. Hasil coverage area tanpa interferensi pada arah sudut beam 15° sebesar 24.84 m2 dan pada saat arah sudut beam 30°, 45° mendapatkan luas coverage area sebesar 25 m2. Sedangkan menggunakan interferensi cahaya matahari menghasilkan coverage area pada tiap arah sudut beam 15°, 30°, dan 45° adalah sebesar 18.76 m2, 22.6 m2, 22.8 m2.

Kata Kunci: Light Fidelity (Li-Fi), Wireless Fidelity (Wi-Fi), Line of Sight (LOS), LED multibeam, Signal to Noise Ratio (SNR), Bit Error Rate (BER), Coverage Area.

Subjek

Optical communucation
 

Katalog

PENGARUH SUDUT LED MULTIBEAM DAN INTERFERENSI CAHAYA MATAHARI TERHADAP CAKUPAN AREA PADA SISTEM LIGHT FIDELITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESSINTA EKA WULANDARI
Perorangan
Akhmad Hambali, Irfan Maulana
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini