WATERMARKING PADA CITRA MEDIS MENGGUNAKAN METODE REDUNDANT DISCRETE WAVELET TRANSFORM, DISCRETE COSINE TRANSFORM, DAN SINGULAR VALUE DECOMPOSITION

HAFIZHAN BHAMAKERTI ARINDAKA

Informasi Dasar

21.04.2672
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat memudahkan dalam mendistribusikan citra medis sehingga dapat diakses dengan mudah, serta menimbulkan berbagai ancaman seperti manipulasi dan pencurian data. Oleh karena itu perlu ditingkatkan keamanan pada citra medis. Autentikasi pada citra medis juga perlu dilakukan agar citra medis yang satu dengan yang lain tidak saling tertukar. Apabila terdapat kesalahan pada citra medis, maka hal ini akan menyebabkan penyimpangan diagnosa dan dapat membahayakan kondisi pasien secara serius. Teknik watermarking menjadi salah satu solusi untuk memberikan keamanan dan autentikasi pada citra medis.

Tugas Akhir ini merancang skema watermarking pada citra medis menggunakan metode Redundant Discrete Wavelet Transform (RDWT), Dicrete Cosine Transform (DCT), dan Singular Value Decomposition (SVD). Arnold Transform diterapkan pada watermark untuk meningkatkan keamanan watermark. Sistem yang akan dirancang terdiri dari dua proses, proses yang pertama adalah penyisipan watermark dan proses yang kedua adalah ekstraksi watermark. Watermark disisipkan ke citra medis dengan cara menerapkan RDWT level 3 pada citra medis dan watermark, kemudian diterapkan DCT. Lalu nilai singular watermark dimasukkan ke dalam nilai singular citra medis menggunakan SVD.

Hasil simulasi dan analisis dari penelitian ini adalah skema watermarking menggunakan metode RDWT-DCT-SVD dan Arnold Transform dapat memberikan keamanan pada citra medis dengan memperoleh rata-rata nilai PSNR sebesar 65,4733 dB, SSIM 1, BER 0, NC 1, dan capacity 0,0020 yang berarti skema ini memiliki kualitas yang baik dari segi imperceptibility dan robustness. Skema ini juga mampu tahan terhadap berbagai serangan, seperti kompresi JPEG dengan quality 10, 20, dan 30, speckle noise dengan variance 0,05, salt & pepper noise dengan variance 0,01, gaussian noise dengan variance di bawah 0,03, median filter, mean filter, gaussian LPF, motion blur, image sharpening, histogram equalization, rotation, flipping, resizing, dan cropping.

Kata Kunci : Watermarking, Citra Medis, RDWT, DCT, SVD, Arnold Transform

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

WATERMARKING PADA CITRA MEDIS MENGGUNAKAN METODE REDUNDANT DISCRETE WAVELET TRANSFORM, DISCRETE COSINE TRANSFORM, DAN SINGULAR VALUE DECOMPOSITION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HAFIZHAN BHAMAKERTI ARINDAKA
Perorangan
Ledya Novamizanti, Irma Safitri
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini