REVERSIBLE DAN ROBUST WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE SLANTLET TRANSFORM, DISCRETE WAVELET TRANSFORM, SINGULAR VALUE DECOMPOSITION PADA CITRA MEDIS

MUHAMMAD RIZKY AKBAR

Informasi Dasar

21.04.2681
621.38 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi memudahkan pertukaran informasi dengan cepat dan efisien namun hal ini diiringi dengan maraknya duplikasi, manipulasi, serta pencurian data. Salah satunya adalah citra medis, yang memuat informasi mengenai pasien sehingga bersifat rahasia. Citra medis sangat rentan akan duplikasi, manipulasi, serta pencurian data karena itu pentingnya penerapan teknik digital watermarking pada citra medis. Teknik digital watermarking merupakan solusi untuk meningkatkan keamanan dengan menyisipkan informasi khusus yang dibutuhkan untuk perlindungan data medis dari serangan dari pihak yang tidak berwenang. Teknik reversible dan robust pada skema watermarking digunakan untuk mengembalikan citra host dengan sempurna pada saat ekstraksi dan mempertahankan citra host dan watermark dari berbagai serangan.

Pada Tugas Akhir ini akan merancang skema watermarking yang bersifat reversible dan Robust menggunakan metode Slantlet Transform (SLT), Discrete Wavelet Transforms (DWT), Singular Value Decomposition (SVD). Sistem watermarking akan melalui proses yaitu penyematan dan ekstraksi. Watermark berupa citra biner disisipkan ke citra medis dengan cara melakukan transformasi SLT pada citra host kemudian melalui proses DWT dan SVD sedangkan watermark akan melalalui kompresi terlebih dahulu menggunakan teknik Lempel-Ziv-Welch lalu diproses pada teknik SVD. Dengan menggunakan skema ini output akan reversible serta memiliki kualitas yang baik dari segi imperceptibility dan robustness.

Hasil dari penelitian Tugas Akhir ini berupa sistem watermarking dengan menggunakan teknik SLT-DWT-SVD dengan PSNR infinite, SSIM 1, NC 1, dan BER 0 yang berarti skema ini reversible serta memiliki kualitas yang baik dari segi imperceptibility dan robustness. Sistem watermarking ini tahan terhadap serangan kompresi JPEG dengan nilai kualitas 40, 50, 60, 70, 80, dan 90, speckle noise, salt & pepper noise, gaussian noise, median filtering, mean filtering, gaussian LPF, blurring, sharpening.

Kata Kunci: Watermark, Slantlet Transform (SLT), Discrete Wavelet Transforms (DWT), Singular Value Decomposition (SVD).

Subjek

Signal processing - system analysis
 

Katalog

REVERSIBLE DAN ROBUST WATERMARKING MENGGUNAKAN METODE SLANTLET TRANSFORM, DISCRETE WAVELET TRANSFORM, SINGULAR VALUE DECOMPOSITION PADA CITRA MEDIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZKY AKBAR
Perorangan
Ledya Novamizanti, Irma Safitri
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini