SISTEM MONITORING PERNAPASAN NON-KONTAK MENGGUNAKAN RADAR IR-UWB UNTUK IDENTIFIKASI PERNAPASAN MANUSIA DAN KUCING

DIPO SAKTI NOVIAN ANGGORO

Informasi Dasar

21.04.2710
621.384 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Radio Detecting and Ranging atau biasa disebut dengan radar merupakan alat penggunaan gelombang radio. Radar mengirimkan gelombang elektromagnetik dan sinyal dikirimkan sebagai pulsa pendek yang kemudian dipantulkan oleh objek yang berada di jalurnya yang kemudian memantul kembali ke radar.

Metode keamanan konvensional terutama di lingkungan rumah seperti kamera CCTV dan sensor gerak memiliki kekurangan terutama ketika kondisi pencahayaan buram dan tidak mampunya sensor gerak mengidentifikasi objek yang dideteksi. Terdapat beberapa metode untuk mendeteksi pernapasan manusia dengan radar seperti dengan Stepped-Frequency Continous-Wave (SFCW), Frequency-Modulated Continous-Wave (FMCW) dan juga dengan Impulse Radio Ultra-Wideband (IRUWB).

Pada Tugas Akhir ini dilakukan pengujian berupa pemantauan pernapasan pada subjek manusia usia 20 hingga 22 tahun dan hewan kucing usia 1 hingga 3 tahun pada jarak 1 meter dengan metode IR-UWB dan memperhatikan hasil RPM dan Breathing Pattern pada masing-masing target dan didapatkan hasil nilai rata-rata RPM manusia (pria) sebesar 14,76 RPM, manusia (wanita) sebesar 18,79 RPM dan nilai rata-rata kucing sebesar 32,4 RPM. Perbandingan pada Breathing Pattern untuk target manusia dan kucing, menunjukan nilai amplitudo pada target kucing lebih kecil dibandingkan dengan target manusia. Dari percobaan ini dapat membuktikan bahwa IR-UWB Radar dapat mengidentifikasi perbedaan pola respirasi pada kucing dan manusia sehingga sistem keamanan untuk mendeteksi hewan terutama kucing dapat terealisasikan.

Subjek

RADAR
 

Katalog

SISTEM MONITORING PERNAPASAN NON-KONTAK MENGGUNAKAN RADAR IR-UWB UNTUK IDENTIFIKASI PERNAPASAN MANUSIA DAN KUCING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIPO SAKTI NOVIAN ANGGORO
Perorangan
Dharu Arseno, Edwar
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini