PEREDUPAN LIGHT EMITTING DIODE MENGGUNAKAN MULTI PULSE POSITION MODULATION PADA VISIBLE LIGHT COMMUNICATION DALAM RUANGAN

GANJAR MAGHFIROH

Informasi Dasar

21.04.2713
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan berkembangnya teknologi telekomunikasi di Indonesia, dibutuhkan teknologi untuk mengakses informasi dengan cepat dan efisien, Visible Light Communication (VLC) merupakan teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Teknologi VLC menggunakan cahaya tampak untuk mentransmisikan data dan saat ini VLC masih terus mengalami perkembangan. Peredupan pada VLC merupakan hal yang dibutuhkan dan perlu dikembangkan. Namun, peredupan dapat menimbulkan efek yang merugikan pada sistem VLC.

Tugas Akhir ini, melakukan analisis pada simulasi VLC dengan peredupan pada Light Emitting Diode (LED) dalam ruangan dengan penambahan reflektor Ukuran ruangan 5 x 5 x 4 meter dengan satu lampu LED pada kanal Line Of Sight (LOS). Performansi sistem yang dianalisis dengan nilai acuan Bit Error Rate (BER) sebesar ?10?^(-3) menggunakan teknik modulasi Multi Pulse Position Modulation (MPPM).

Hasil penelitian menunjukan semakin kecil level dimming yang digunakan maka performansi sistem VLC semakin baik. Penambahan reflektor dapat mempengaruhi jarak cakupan. Pada skenario I menggunakan modulasi 4-PPM mencapai BER 10-3 pada jarak terjauh sebesar 4.6 meter, sedangkan skenario II menggunakan modulasi 4-PPM mencapai BER 10-3 pada jarak terjauh saat dimming 0% sebesar 5.8 meter, dimming 20% sebesar 5.7 meter, dan dimming 40% sebesar 5.63 meter.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION
 

Katalog

PEREDUPAN LIGHT EMITTING DIODE MENGGUNAKAN MULTI PULSE POSITION MODULATION PADA VISIBLE LIGHT COMMUNICATION DALAM RUANGAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GANJAR MAGHFIROH
Perorangan
Akhmad Hambali, Irfan Maulana
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini