PURWARUPA KAMERA MULTISPEKTRAL PADA SATELIT CUBESAT UNTUK MENDETEKSI KUALITAS TANAMAN HIJAU

LITA KURNIA FITRIYANTI

Informasi Dasar

21.04.2743
384.51
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini satelit merupakan teknologi yang dikembangkan dalam berbagai bidang untuk mengatasi berbagai macam permasalahan. Satelit memiliki berbagai misi, ukuran serta berat yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Satelit dengan ukuran dan dimensi yang kecil disebut dengan satelit nano, salah satu jenis satelit nano yaitu Cubesat memiliki ukuran 1U (10x10x10) cm3, 2U (20x20x20) cm3 dan 3U (30x30x30) cm3 yang mengorbit pada Low Earth Orbit.

Salah satu misi dari satelit yaitu remote sensing dengan kamera sebagai muatan utamanya. Data yang diambil dalam remote sensing bisa bermacam-macam salah satunya pengambilan data untuk menganalisa tanaman hijau. Dalam menganalisa tanaman hijau kamera yang paling banyak digunakan adalah jenis kamera multis-pektral. Kamera multispektral memiliki biaya yang mahal dan ukurannya besar sehingga tidak akan muat pada satelit Cubesat.

Dalam Tugas Akhir ini berhasil menggunakan 2 jenis kamera dengan harga mu-rah dan ukuran kecil yaitu kamera raspberry pi RGB dan kamera raspberry pi NoIR untuk menghasilkan pencitraan multispektal. Purwarupa mampu mengambil gam-bar tanaman hijau dalam format JPEG dengan besar fail rata-rata 4.3 MB, yang ditransmisikan ke PC dalam rata rata waktu 5700 ms. Image Processing dilakukan melalui website open source image sequencer dan mampu menghasilkan output ou-tput NDVI dengan rentang indeks -1 hingga 1 sehingga analisa tanaman sehat dan tidak sehat dapat dilakukan.

Subjek

Satellite technology
 

Katalog

PURWARUPA KAMERA MULTISPEKTRAL PADA SATELIT CUBESAT UNTUK MENDETEKSI KUALITAS TANAMAN HIJAU
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LITA KURNIA FITRIYANTI
Perorangan
Heroe Wijanto, Edwar
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini