PERMAINAN VIRTUAL BALAP KELERENG MENGGUNAKAN ALGORITMA KALMAN FILTER

KADEK DWI SURYANA PUTRA

Informasi Dasar

21.04.2821
793.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan beberapa bidang industri semakin berinovasi membuat sesuatu yang dapat menarik perhatian, salah satunya adalah game berbasis virtual Reality. Virtual reality merupakan teknologi yang membuat pengguna untuk dapat berinteraksi dengan dunia maya yang disimulasikan oleh komputer dengan menggabungkan objek 3D di dalamnya. Permainan kelereng termasuk salah satu permainan tradisional yang sekarang sudah semakin hilang di kalangan anak-anak yang lebih memilih untuk bermain dengan menggunakan smartphone. Dalam penelitian tugas akhir ini dirancang sebuah permainan tradisonal balap kelereng berbasis virtual reality dengan menggunakan algoritma Kalman Filter yang berguna untuk mengetahui getaran dan posisi saat kelereng jatuh dengan menggunakan sensor mpu6050. Unity3D digunakan untuk membuat model simulasi lingkungan dengan menggunakan C# sebagai bahasa pemrograman yang diimplementasikan ke dalam game dengan menggunakan parameter dengan level tertentu, yaitu level 1, level 2, dan level 3. Pada penelitian ini menggunakan dua pengujian pitch dan roll masing masing menghasilkan standar deviasi pada sudut 60 derajat. Pengujian pitch dengan menggunakan filter yaitu 0,010954 sedangkan tanpa filter 0,140327 sedangkan pengujian roll menggunakan filter yaitu 0,008367, sedangkan tanpa filter 0,663378.

Kata kunci: Kalman Filter, virtual reality, Unity3D

Subjek

GAME
 

Katalog

PERMAINAN VIRTUAL BALAP KELERENG MENGGUNAKAN ALGORITMA KALMAN FILTER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KADEK DWI SURYANA PUTRA
Perorangan
Tito Waluyo Purboyo, Anton Siswo Raharjo Ansori
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini