DESAIN PENERAPAN LAMPU PINTAR BERBASIS INTERNET OF THINGS

DICKY ARDIANTA GINTING

Informasi Dasar

171 kali
21.04.2850
006.22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Lampu merupakan salah satu perangkat listrik rumah tangga yang sangat diperlukan. Pada umumnya lampu dikendalikan lewat sakelar yang mengharuskan usernya bergerak menuju sakelar untuk menghidupkan/mematikan lampu. Untuk mengefisiensikan waktu, lampu dapat dikendalikan melalui internet of things. Sistem pengendalian lampu dibangun dengan berbasis Internet of Things (IoT). Lampu yang digunakan pada sistem ini adalah Lampu RGB, Lampu RGB ini dapat berubah warna dan intensitas cahaya. Perubahan warna lampu dapat menggambarkan suasana hati seseorang, perubahan warna dan intensitas cahaya ini dikendalikan melalui internet. Untuk kontroler dari sistem ini digunakan mikrokontroler NodeMcu ESP8266 karena sudah terintegrasi dengan komunikasi wireless. Sistem yang dibangun membutuhkan waktu untuk memproses perintah menghidupkan/mematikan, merubah warna (merah, hijau, biru, putih, orange, kuning dan ungu) serta intensitas cahaya dengan 5 tingkatan yaitu 20%, 40%, 60%, 80% dan 100% berkisar dari 1,19 detik sampai dengan 1,4 detik. Tingkat akurasi sistem dalam memproses perintah sebesar 100%. Untuk Daya yang dibutuhkan lampu berkisar dari 11,5 Watt sampai dengan 22,9 Watt tergantung dari tingkatan intensitasnya.

Kata kunci : Pengendalian, lampu, warna, intensitas, internet of things

Subjek

EMBEDDED SYSTEM
 

Katalog

DESAIN PENERAPAN LAMPU PINTAR BERBASIS INTERNET OF THINGS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DICKY ARDIANTA GINTING
Perorangan
RIZKI ARDIANTO PRIRAMADHI, RIZKI ARDIANTO P
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini