Kinerja Perusahaan menggambarkan sejauh mana suatu perusahaan mencapai keberhasilan dengan cara mengaitkannya dengan kinerja keuangan di perusahaan. Kinerja keuangan diukur untuk melihat kinerja perusahaan mengalami pertumbuhan atau tidak mengalami pertumbuhan. Dasar pengambilan suatu keputusan dilihat dengan pengukuran kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Bersaing Diferensiasi, Strategi Kepemimpinan Biaya dan Strategi Fokus terhadap Kinerja Perusahaan baik secara simultan maupun parsial. Populasi dan sumber data dalam penelitian ini berfokus pada perusahaan sub sektor retail yang merupakan salah satu sektor yang tergolong dalam perdagangan, jasa dan investasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan perusahaan sub sektor retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2017-2019 sejumlah 27 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah statistic deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan software E-VIEWS 11. Berdasarkan hasil statistik deskriptif data variabel NPM dan Kepemimpinan Biaya cenderung tidak berkelompok, sedangkan data variabel Diferensiasi dan Fokus cenderung berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Diferensiasi, Kepemimpinan Biaya, dan Fokus secara simultan berpengaruh signifikan terhadap NPM dengan nilai profitabilitas 0,002232. Variabel Diferensiasi secara parsial berpengaruh positif terhadap NPM dengan nilai profitabilitas 0,0030, sedangkan variabel Kepemimpinan Biaya dan Fokus tidak berpengaruh signifikan terhadap NPM perusahaan sub sektor retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019.
Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Strategi Diferensiasi, Strategi Fokus, Strategi Kepemimpinan Biaya.