PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, DIVERSITAS DIREKSI, DAN TRANSAKSI PIHAK BERELASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

ROSHANDIAPUTRA ROSMANANDA

Informasi Dasar

21.04.2916
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan penilaian investor atas tingkat keberhasilan perusahaan saat ini dan prospek perusahaan di masa mendatang, nilai perusahaan sering dikaitkan dengan harga saham. Berbagai penelitian mengenai nilai perusahaan sudah dilakukan oleh para peneliti dari dalam dan luar negeri, namun masih menunjukan hasil yang tidak konsisten. Berdasarkan penelitian terdahulu penulis ingin mengkaji ulang pengaruh kepemilikan keluarga, diversitas direksi, dan transaksi pihak berelasi terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh kepemilikan keluarga, diversitas direksi, dan transaksi pihak berelasi secara simultan dan parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Teknik pemilihan data menggunakan purposive sampling dan diperoleh 18 perusahaan yang sesuai dengan kriteria pemilihan sampel pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian 5 tahun sehingga terdapat 90 jumlah data penelitian, yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan kepemilikan keluarga, diversitas direksi, dan transaksi pihak berelasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial kepemilikan keluarga dan transaksi pihak berelasi tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan diversitas direksi berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti selanjutnya dianjurkan untuk menambah populasi penelitian dan menambahkan variabel independen lain yang diduga dapat mempengaruhi nilai perusahaan seperti variabel konsentrasi kepemilikan, pertumbuhan penjualan, dan kebijakan dividen. Bagi perusahaan dan investor diharapkan untuk memperhatikan variabel kepemilikan keluarga dan variabel diversitas direksi, karena hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA, DIVERSITAS DIREKSI, DAN TRANSAKSI PIHAK BERELASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROSHANDIAPUTRA ROSMANANDA
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini