PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

RIFALDI JULIAWAN

Informasi Dasar

21.04.2927
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan komponen penting dalam suatu pandangan investor untuk melihat pencapaian perusahaan yang baik dan berkaitan dengan harga saham di pasar modal, dengan memaksimalkan nilai perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan, karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan menunjukan bahwa perusahaan sudah dapat memaksimalkan tujuan utamanya yaitu, dalam memperoleh tingkat keuntungan yang tinggi.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah value added capital employed, value added human capital, structural capital value added dan kepemilikan institusional. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh value added capital employed, value added human capital, structural capital value added dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 – 2019. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 14 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun sehingga didapatkan 56 sampel yang diobservasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 11.0.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif value added capital employed dan value added human capital memiliki nilai rata-rata lebih kecil dari pada standar deviasi, yang berarti memiliki data yang bervariasi dan tidak berkelompok (heterogen), sedangkan structural capital value added, kepemilikan institusional dan nilai perusahaan memiliki nilai rata-rata lebih besar dari pada standar deviasi, yang berarti memiliki data yang tidak bervariasi dan berkelompok (homogen). Secara simultan variabel value added capital employed, value added human capital, structural capital value added dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel structural capital value added dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel dan value added capital employed, dan value added human capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah atau menggunakan variabel lain yang dianggap memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan dan disarankan untuk meneliti di sektor atau sub sektor lain, selain dalam penelitian ini dan dapat menambah tahun penelitian.

Kata kunci: Kepemilikan institusional, nilai perusahaan, structural capital value added, value added capital employed, value added human capital.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFALDI JULIAWAN
Perorangan
LENY SUZAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini