Abstrak
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melansir bahwa dari total keseluruhan 64 juta pelaku Usaha
Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia, hanya sekitar 9,4 juta UMKM yang sudah
memanfaatkan teknologi dalam kegiatan usahanya pada tahun 2020. Data yang didapat dari “We Are Social dan
Hootsuite” diketahui lebih dari 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Sebanyak 93% berusia 16-64 tahun
melakukan pencarian dan pembelian produk atau jasa secara daring (dalam jaringan). Berdasarkan observasi yang
dilakukan, pencari jasa mengalami kesulitan dalam mencari penyedia jasa yang berkualitas dari segi hasil, harga,
maupun ketepatan pengerjaan, dan seringkali mengalami ketidakpuasan dalam memesan jasa untuk pertama kali.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan solusi desain berupa model antarmuka yang dapat memenuhi
kebutuhan pencari jasa menggunakan metode User Centered Design. Dengan model antarmuka ini, pencari jasa
dapat mencari dan memesan jasa berdasarkan kategori, lokasi serta rating atau ulasan pada jasa yang akan dipesan.
Penelitian ini mengevaluasi kebergunaan dari prototype antarmuka yang dihasilkan. Evaluasi kebergunaan
dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan hasil rata-rata SUS sebesar 77,19 dengan kategori
good yang berarti bahwa solusi desain yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan dari pencari jasa.
Kata Kunci: aplikasi, daring, infineeds, jasa, marketplace, mitra, UMKM.