PENGARUH LIKUIDITAS, ARUS KAS OPERASI, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

ANGELICA WANDA STELLA FEANIE

Informasi Dasar

21.04.2984
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Financial distress merupakan kondisi dimana perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang ditandai dengan ketidakmampuan dalam membayar kewajibannya. Apabila kondisi financial distress tidak ditangani dengan baik, maka perusahaan berpotensi mengalami kebangkrutan. Perusahaan sektor aneka industri merupakan salah satu sektor yang rentan mengalami financial distress karena keberlangsungan hidupnya sangat bergantung pada kondisi perekonomian negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, arus kas operasi, dan Good Corporate Governance terhadap financial distress pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan puosive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 32 perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian 4 tahun dengan total 128 sampel. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan metode analisis regresi logistik dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan likuiditas, arus kas operasi, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Secara parsial variabel likuiditas berpengaruh negatif terhadap financial distress, arus kas operasi dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap financial distress, sedangkan variabel kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap financial distress.

Kata kunci: Arus Kas Operasi, Financial Distress, Good Corporate Governance, Likuiditas

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LIKUIDITAS, ARUS KAS OPERASI, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGELICA WANDA STELLA FEANIE
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini