PENGARUH PROFITABILITY, ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL CERTIFICATION TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE (Studi Pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

ANSELMA SARAGIH

Informasi Dasar

21.04.2991
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Environmental disclosure merupakan pengungkapan yang berisi informasi mengenai kinerja lingkungan dan tanggung jawab yang sudah dilakukan oleh perusahaan, dimana informasi tersebut berguna bagi pihak yang berkepentingan karena dapat menjadi bukti bahwa perusahaan telah menjalankan tanggung jawabnya terhadap lingkungan yang terkena dampak dari kegiatan operasionalnya sehingga akan mendukung keberlangsungan perusahaan. Environmental disclosure diungkapkan melalui sustainability report perusahaan, akan tetapi masih banyak perusahaan yang masih belum konsisten dalam menerbitkan sustainability report sehingga tingkat perngungkapannya masih tergolong rendah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitability, environmental performance dan environmental certification secara simultan dan parsial terhadap environmental disclosure pada perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga berdasarkan metode dan kriteria pengambilan sampel, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun, maka total observasi dalam penelitian ini sebanyak 45 observasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel yang diolah dengan menggunakan software Eviews 11. Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa profitability, environmental performance dan environmental certification berpengaruh secara simultan terhadap environmental disclosure. Secara parsial, profitability dengan proksi return on asset berpengaruh negatif terhadap environmental disclosure dan environmental performance berpengaruh positif terhadap environmental disclosure, sedangkan environmental certification dan profitability dengan proksi net profit margin tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure.

Kata Kunci : environmental disclosure, profitability, environmental performance dan environmental certification.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITY, ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL CERTIFICATION TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE (Studi Pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANSELMA SARAGIH
Perorangan
ANNISA NURBAITI, FEBRIAL PRATAMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini