PENGARUH GENDER DIVERSITY, FIRM SIZE, DAN PROFITABILITY TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

FARAHANDHIKA FONDA PANGESTU ABADY

Informasi Dasar

21.04.2999
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring berkembangnya zaman, perusahaan pun dituntut berkembang dalam dunia usahanya sehingga diharapkan mampu bersaing secara kompetitif dengan perusahaan-perusahaan lain. Kondisi tersebut membuat tingkat kesenjangan sosial dan pencemaran lingkungan semakin tinggi, oleh sebab itu diperlukan kepedulian dan tanggung jawab dari perusahaan yang dapat ditunjukkan dalam bentuk pelaksanaan serta pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh secara simultan serta parsial dari gender diversity, firm size, dan profitability terhadap pengungkapan CSR di perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Variabel yang akan diuji pada penelitian ini adalah gender diversity, firm size, dan profitability sebagai variabel independen serta pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel dependen. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memperoleh 8 sampel perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun sehingga diperoleh 32 total data sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel gender diversity, firm size, dan profitability secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility sedangkan secara parsial variabel gender diversity dan profitability tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Variabel firm size berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Saran dalam penelitian ini ialah sebagai acuan untuk menambah wawasan terkait pengungkapan Corporate Social Responsibility bagi peneliti selanjutnya. bagi Bagi pihak perusahaan disarankan untuk meningkatkan nilai pengungkapan Corporate Social Responsibility serta disarankan untuk untuk dapat membuat bagian khusus community development dibawah board of director yang berfungsi untuk menjaga lingkungan dan meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar lokasi perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH GENDER DIVERSITY, FIRM SIZE, DAN PROFITABILITY TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARAHANDHIKA FONDA PANGESTU ABADY
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini