Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik yang terbentuk pada jejaring Twiitter dan persepsi masyarakat sebelum dan sesudah penerapan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 yang menetapkan kewajiban penggunaan masker. Penelitian ini menggunakan data pada sosial media Twitter. Data yang diolah pada penelitian ini menggunakan populasi data unggahan pengguna media sosial twitter dengan kata kunci “#pakaimasker” dan “#indonesiaterserah” pada kurun waktu 2 Maret hingga 30 November 2020 dan dibagi menjadi dua periode penelitian yaitu sebelum dan sesudah penerapan kebijakan pada 5 agustus 2020. Data yang didapatkan diolah menggunakan Topic Modelling menggunakan software Python versi 3.6.8.
Hasil menunjukkan topik yang terbentuk sebelum adanya kebijakan adalah “cegah dan lindung” dan topik setelah adanya kebijakan adalah patuh dan wajib. Analisis variabel persepsi masyarakat menunjukkan peningkatan pada seluruh variabel meliputi perceived knowledge, social trust, perceived benefit dan perceived risk.
Kata Kunci: Pakai Masker, Covid-19, Topic Model, Persepsi