ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KOMUNIKASI KEBIJAKAN MENGGUNAKAN TOPIC MODELLING (STUDI KASUS KEBIJAKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DALAM PENGGUNAAN MASKER DI INDONESIA)

WULAN HILMI ROCHMAWATI

Informasi Dasar

100 kali
21.04.3003
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik yang terbentuk pada jejaring Twiitter dan persepsi masyarakat sebelum dan sesudah penerapan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 yang menetapkan kewajiban penggunaan masker. Penelitian ini menggunakan data pada sosial media Twitter. Data yang diolah pada penelitian ini menggunakan populasi data unggahan pengguna media sosial twitter dengan kata kunci “#pakaimasker” dan “#indonesiaterserah” pada kurun waktu 2 Maret hingga 30 November 2020 dan dibagi menjadi dua periode penelitian yaitu sebelum dan sesudah penerapan kebijakan pada 5 agustus 2020. Data yang didapatkan diolah menggunakan Topic Modelling menggunakan software Python versi 3.6.8. Hasil menunjukkan topik yang terbentuk sebelum adanya kebijakan adalah “cegah dan lindung” dan topik setelah adanya kebijakan adalah patuh dan wajib. Analisis variabel persepsi masyarakat menunjukkan peningkatan pada seluruh variabel meliputi perceived knowledge, social trust, perceived benefit dan perceived risk.

Kata Kunci: Pakai Masker, Covid-19, Topic Model, Persepsi

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KOMUNIKASI KEBIJAKAN MENGGUNAKAN TOPIC MODELLING (STUDI KASUS KEBIJAKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DALAM PENGGUNAAN MASKER DI INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WULAN HILMI ROCHMAWATI
Perorangan
Gadang Ramantoko, Eva Nurhazizah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini