PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, GROWTH OPPORTUNITIES, PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN DIVERSIFIKASI TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Family Business yang Terdaftar di Indeks KOMPAS100 Periode 2014-2019)

SALSABILA NADA ZAYANI

Informasi Dasar

21.04.3010
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Setiap perusahaan mengharapkan struktur modal yang optimal. Manajer keuangan harus mampu mengefisienkan aktivitas pendanaan agar perusahaan dapat mengoptimalkan kebijakan struktur modal. Kesalahan dalam menentukan struktur modal akan berdampak buruk bagi perusahaan, terutama bila perusahaan menggunakan utang yang lebih besar, maka akan terjadinya peningkatan risiko finansial seperti perusahaan tidak dapat melunasi utang dan tidak mampu membayar beban bunga.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara struktur aktiva, growth opportunities, profitabilitas, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan diversifikasi dengan struktur modal pada family business di Indeks KOMPAS100 periode 2014-2019. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan perusahaan.Populasi yang digunakan pada penelitian ini berasal dari perusahaan family business yang terdaftar pada Indeks KOMPAS100 periode 2014-2019, dalam penarikan sampel digunakan teknik purposive sampling didapatkan sebanyak 21 perusahaan sehingga total observasi pada penelitian ini berjumlah 126 observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel.Hasil penelitian secara simultan menunjukkan struktur aktiva, growth opportunities, profitabilitas, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan diversifikasi memiliki pengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan, hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap struktur modal, diversifikasi berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap struktur modal. Sementara itu, struktur aktiva, growth opportunities dan ukuran perusahaan tidak memengaruhi struktur modal.Berdasarkan hasil penelitian, pihak manajemen perusahaan disarankan untuk meningkatkan tingkat profitabilitas dan kepemilikan manajerial serta memperluas strategi diversifikasi perusahaannya agar dapat memperoleh struktur modal yang optimal. Pihak investor disarankan untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki tingkat profitabilitas dan presentase kepemilikan manajerial yang besar serta diversifikasi yang rendah agar dapat meminimalisir masalah keuangan seperti kemungkinan perusahaan mengalami risiko kebangkrutan.

Kata Kunci: diversifikasi, growth opportunities, kepemilikan manajerial, profitabilitas, struktur aktiva, struktur modal, ukuran perusahaan.

Subjek

CAPITAL STRUCTURE
 

Katalog

PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, GROWTH OPPORTUNITIES, PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN DIVERSIFIKASI TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus pada Family Business yang Terdaftar di Indeks KOMPAS100 Periode 2014-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SALSABILA NADA ZAYANI
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini