PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI DAN INOVASI TERHADAP KETAHANAN BISNIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada kedai kopi yang terdaftar pada Komunitas Pagi Ngopi Bandung)

BRIAN WESLY CHARIST KETAREN

Informasi Dasar

21.04.3012
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandemi Covid-19 membawa dampak buruk pada hampir seluruh sektor kehidupan di Indonesia. Termasuk pada sektor ekonomi khususnya di bidang bisnis kopi. Laju pertumbuhan bisnis kedai kopi harus terhambat karena saat ini dunia sedang berada dalam wabah pandemi Covid-19. Kebijakan pemerintah dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan pembatasan jam operasional menyebabkan dampak yang sangat serius untuk bisnis kedai kopi karena masyarakat yang mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga berakibat kepada turunnya kunjungan konsumen ke kedai kopi. Fenomena ini kemudian berdampak kepada turunnya pendapatan keseluruhan kedai kopi hingga 300 persen sampai tutupnya berada kedai kopi karena tidak dapat beradaptasi dengan pandemi Covid-19 yang terjadi. Oleh karena itu, diperlukannya perubahan-perubahan yang perlu dilakukan oleh kedai kopi untuk dapat meningkatkan ketahanan bisnisnya pada masa pandemi Covid-19. Menurut beberapa ahli, cara yang dapat dilakukan pebisnis kedai kopi adalah dengan cara meningkatkan kemampuan teknologi dan melakukan inovasi-inovasi agar kedai kopi dapat bertahan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan bisnis pada kedai kopi pada komunitas Pagi Ngopi Bandung dengan melihat pengaruh kemampuan teknologi terhadap ketahanan bisnis, pengaruh kemampuan teknologi terhadap inovasi dan pengaruh inovasi terhadap ketahanan bisnis. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan model sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada 50 kedai kopi pada komunitas Pagi Ngopi Bandung. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini memiliki skala likert 5 titik dengan 54 pertanyaan yang dibagi kepada 3 bagian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis eksplanatif dan jawaban kuesioner yang diperoleh akan diolah menggunakan software SPSS. Hasil temuan dari penelitian ini adalah kemampuan teknologi dan inovasi berdampak positif terhadap ketahanan pada komunitas Pagi Ngopi Bandung pada masa pandemi Covid-19 dan responden atau objek pada penelitian ini sudah memiliki ketahanan bisnis yang baik pada masa pandemi Covid-19 Kata Kunci: Kemampuan Teknologi, Inovasi, Ketahanan Bisnis, Pandemi Covid-19, Kedai Kopi.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI DAN INOVASI TERHADAP KETAHANAN BISNIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada kedai kopi yang terdaftar pada Komunitas Pagi Ngopi Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BRIAN WESLY CHARIST KETAREN
Perorangan
Sisca Eka Fitria
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini