PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET(IOS), COLLATERAL ASSET, MANAGERIAL OWNERSHIP DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

ANNISA PUTRI KURNIA

Informasi Dasar

21.04.3028
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen merupakan suatu keputusan terkait pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham berupa dividen atau laba ditahan yang digunakan untuk pembiayaan investasi di masa depan. Kebijakan dividen diberikan setelah adanya keputusan pembayaran dividen yang dihasilkan di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set, collateral asset, managerial ownership, dan institutional owenership terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 18 sampel dengan periode penelitian lima tahun diperoleh hasil 90 data penelitian.Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan investment opportunity set, collateral asset, managerial ownership, dan institutional ownership berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Sedangkan secara parsial investment opportunity set berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen, collateral asset berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen, sementara managerial ownership dan institutional ownership tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan , penulis ingin memberikan saran untuk peneliti selanjutnya agar menggunakan variabel lain atau menambagkan variabel lain yang di duga berpengaruh terhadap kebijakan dividen serta untuk mengganti objek penelitian pada perusahaan sektor lain atau perusahaan yang terdaftar di indeks di BEI. Kata kunci : Investment Opportunity Set,Collateral Asset, Managerial Ownership, Institutional Ownweship dan Kebijakan Dividen.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET(IOS), COLLATERAL ASSET, MANAGERIAL OWNERSHIP DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA PUTRI KURNIA
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini