PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DEBT COVENANT DAN TAX PLANNING TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

AJENG HANUM PRIYANKA

Informasi Dasar

21.04.3035
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi keuangan suatu perusahaan dapat dilihat melalui laporan keuangan dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja perusahaan serta arus kas yang bermanfaat bagi sebagian besar pengguna laporan keuangan dalam pembuatan keputusan ekonomi. Jumlah laba yang ada pada laporan keuangan menjadi informasi penting bagi para penggunanya. Pihak manajemen menjadikan informasi laba sebagai target manipulasi untuk kepentingan pribadi, karena kinerja manajer diukur berdasarkan informasi laba tersebut. Dalam memenuhi target laba perusahaan, manajemen melakukan praktik bisnis yang tidak sehat salah satunya dengan melakukan Manajemen Laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikan institusional, debt covenant, dan tax planning terhadap manajemen laba pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Populasi dalam penelitian adalah Sektor Industri Dasar dan Kimia. Populasi penelitian terdiri dari 78 perusahaan dari 3 time series dan sampel penelitian sebanyak 42 perusahaan dengan teknik purposive sampling, sehingga mendapatkan sampel sebanyak 126 observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan Institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, debt covenant berpengaruh positif terhadap manajemen laba, dan tax planning berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Hasil ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima. Adapun kepemilikan institusional, debt covenant, dan tax planning memiliki kontribusi pengaruh terhadap manajemen laba sebesar 58% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Bagi peneliti selanjutnya agar menambah variabel independen yang akan digunakan dalam penelitian yang dapat mempengaruhi serta berkaitan dengan manajemen laba. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat meneliti dengan sampel perusahaan dari sektor lain untuk mengetahui kinerja perusahaan mana yang lebih baik dan memiliki kaitan dengan manajemen laba. Bagi perusahaan agar dapat menyusun serta melaporkan laporan keuangan dengan hasil yang sesuai kondisi perusahaan dengan menghindari tindakan-tindakan manajemen laba atau kebijakan akuntansi yang dapat mempengaruhi nilai laba sehingga nantinya dapat merugikan pihak investor maupun manajemen itu sendiri.

Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Debt Covenant, Tax Planning, Manajemen Laba

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DEBT COVENANT DAN TAX PLANNING TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AJENG HANUM PRIYANKA
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini