PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

SRI HARTATI SARAGIH

Informasi Dasar

21.04.3042
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan adalah sumber informasi yang sangat penting untuk membantu berbagai pihak yang berkepentingan dalam mengambil suatu keputusan dan laporan keuangan juga berfungsi dalam mengukur kinerja suatu perusahaan atau organisasi. Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) diwajibkan melaporkan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan dan sudah diaudit oleh auditor independen secara tepat waktu sehingga informasi yang didapatkan dapat dimengerti, relevan, handal serta dapat dibandingkan. Ketepatan waktu penyajian laporan keuangan dapat dilihat dari masa audit delay perusahaan, yaitu perbedaan waktu antara tanggal diterbitkannya laporan audit dengan tanggal penutupan tahun buku. Tertundanya penyampaian pelaporan dalam laporan keuangan dapat memengaruhi oleh jangka waktu pelaporan audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan reputasi auditor terhadap audit delay pada perusahaan sub sektor perdagangan besar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019 baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor perdagangan besar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 112 unit sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 11. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas, leverage dan reputasi auditor berpengaruh secara simultan terhadap Audit Delay. Secara parsial, profitabilitas berpengaruh dengan arah negatif terhadap audit delay. Sedangkan variabel leverage dan reputasi auditor secara parsial tidak berpengaruh terhadap audit delay. Hasil penelitian ini diharapkan bahwa variabel profitabilitas, leverage dan reputasi auditor dapat dijadikan pedoman baik pihak perusahaan maupun auditor dalam melaksanakan audit laporan keuangan serta penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay.

Kata Kunci : Audit delay, Profitabilitas, Leverage dan Reputasi Auditor

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI HARTATI SARAGIH
Perorangan
SISKA PRIYANDANI YUDOWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini