PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKIAN MANAJERIAL, DAN KARAKTER EKSEKUTIF TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019)

FAMELA NOORICA

Informasi Dasar

21.04.3045
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang yang dilakukan oleh orang pribadi maupun dilakukan oleh badan yang bersifat memaksa yang berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak adanya imbalan yang bersifat langsung dan digunakan untuk keperluan negara sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Penerimaan pajak setiap tahunnya mengalami fluktuasi. Tidak tercapainya target penerimaan pajak disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya yaitu adanya tax avoidance yang dilakukan oleh perusahaan. Tax avoidance merupakan cara untuk menghindari pembayaran pajak yang dilakukan secara legal dan sesuai dengan peraturan pajak yang memanfaatkan celah atau kelemahan dari peraturan perpajakan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui secara simultan mengetahui kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, karakter eksekutif terhadap tax avoidance pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Objek pada penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode penelitian selama lima tahun dari tahun 2015-2019. Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini menggunkan purposive sampling. Jumlah sampel yang diteliti yaitu sebanyak 70 sampel. Waktu pelaksanaan yang digunakan pada penelitian ini yaitu data panel dengan dilakukan oleh beberapa tahap pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan karakter eksekutif secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance. Kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan karakter eksekutif secara parsial berpengaruh terhadap tax avoidance. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pada perusahaan untuk meminimalisir tindakan yang mengacu pada tax avoidance serta menindak secara tegas dan adil bagi yang melakukan tindakan tax avoidance. Kata Kunci : Tax Avoidance, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Karakter Eksekutif

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKIAN MANAJERIAL, DAN KARAKTER EKSEKUTIF TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAMELA NOORICA
Perorangan
ARDAN GANI ASALAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini