Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayarkan oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual, semakin tinggi nilai perusahaan, maka investor akan semakin tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Variabel yang di duga memepengaruhi nilai perusahaan dalam penelitian ini adalah cash holding, investment opportunity set dan leverage.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cash holding, investment opportunity set dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufatkur sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2019.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel, dengan menggunakan common effect model untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan cash holding, investment opportunity set dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan secara parsial investment opportunity set berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan cash holding dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai persuahaan.
Berdasarkan hasil pada penelitian ini maka perusahaan perlu memperhatikan investment opportunity set karena semaking tinggi investment opportunity set maka nilai perusahaan juga akan meningkat disebabkan oleh tingkat kesempatan investasi di masa yang akan datang.
Kata Kunci: Cash Holding, Investment Opportunity Set Leverage Dan Nilai Perusahaan,