Pengaruh Loan to Deposit Ratio dan NonPerforming Loan Terhadap Risk Management Disclosure (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

RAKA ADINEGORO

Informasi Dasar

21.04.3077
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan manajemen risiko merupakan pengungkapan atas risikorisiko perusahaan yang telah dikelola oleh perusahaan dan pengungkapan yang dilakukan atas bagaimana perusahaan dalam mengendalikan risiko di masa mendatang. Pengungkapan manajemen risiko dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengelola ketidakpastian perusahaan dan diharapkan dapat mencegah terjadinya risiko yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh Loan to Deposit Ratio dan NonPerforming Loan terhadap Risk Management Disclosure pada perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sehingga memperoleh jumlah perusahaan 35. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui loan to deposit ratio dan nonperforming loan berpengaruh secara simultan terhadap risk management disclosure. Sedangkan pada uji parsial, hanya nonperforming loan yang memiliki pengaruh terhadap risk management disclosure. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk riset selanjutnya. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Bagi Bank Indonesia diharapkan tetap menerapkan peraturan No. 13/23/DPNP/2011 mengenai penerapan manajemen risiko di dalam perusahaan perbankan. Bagi investor, disarankan untuk berinvestasi pada bank yang mampu menangani risiko pembiayaan dengan baik.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Loan to Deposit Ratio dan NonPerforming Loan Terhadap Risk Management Disclosure (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAKA ADINEGORO
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini