PENGARUH TEMUAN AUDIT, TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS TERHADAP TINGKAT KORUPSI (Studi pada Pemerintah Dearah Jawa Tengah Tahun 2016-2019)

AMANDA SINTA DEWI

Informasi Dasar

21.04.3078
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Tindakan korupsi merupakan tindakan yang merugikan perekonomian negara, Perilaku korupsi membawa dampak masif disegala lini, diantaranya terhambatnya pemerintah dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, menyebabkan buruknya kualitas pelayanan publik, hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap demokrasi, menguatnya plutokrasi dan hancurnya kedaulatan rakyat. Tindakan korupsi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah faktor-faktor temuan audit, transparansi, dan akuntabilitas mempengaruhi tingkat korupsi pada Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan data dari website resmi lembaga Pemerintah Daerah di Jawa Tengah pada tahun 2016-2019 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) tahun 2016-2019. Teknik Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling yang digunakan menghasilkan sampel yang terdiri dari 26 Pemeritah Daerah di Jawa Tengah dengan periode penelitian pada tahun 2016-2019. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa rata-rata temuan audit dan transparansi masih rendah, serta akuntabilitas dalam opini audit yang diperoleh Pemerintah Daerah adalah opini audit wajar tanpa pengecualian. Sedangkan, tingkat korupsi pada Pemerintah Daerah rendah. Studi ini membuktikan bahwa temuan audit, transparansi dan akuntabilitas secara simultan berpengaruh terhadap tingkat korupsi Pemerintah Daerah di Jawa Tengah, kemudian transparansi dan akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap tingkat korupsi, sedangkan temuan audit berpengaruh positif terhadap tingkat korupsi Pemerintah Daerah di Jawa Tengah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai Pengaruh Temuan Audit, Transparansi, dan Akuntabilitas Terhadap Tingkat Korupsi di Pemerintah Daerah Jawa Tengah Tahun 2016-2019. Selain itu penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan bagi Pemerintah Daerah Jawa Tengah guna meningkatkan kinerja dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban laporan keuangan Pemerintah Daerah Jawa Tengah.

Kata kunci: Akuntabilitas, Temuan Audit, Transparansi, dan Tingkat Korupsi.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH TEMUAN AUDIT, TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS TERHADAP TINGKAT KORUPSI (Studi pada Pemerintah Dearah Jawa Tengah Tahun 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMANDA SINTA DEWI
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini