PENGARUH PROFITABILITAS, MANAJEMEN LABA DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2020)

MOZA PANGESTU

Informasi Dasar

21.04.3080
657.46
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pajak merupakan salah satu sumber pendanaan yang berkontribusi besar bagi pendapatan negara dan berfungsi sebagai salah satu sumber dana untuk membiayai pengeluaran baik rutin maupun pembangunan. Pemerintah mempunyai kepentingan untuk terus meningkatkan penerimaan pajak namun, kepentingan pemerintah bertentangan dengan kepentingan perusahaan yang ingin memperoleh laba setinggi mungkin. Adanya perbedaan kepentingan tersebut menimbulkan upaya untuk meminimalisasi pajak yang dibebankan pada perusahaan atau disebut juga dengan tax avoidance. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari variabel profitabilitas, manajemen laba dan leverage terhadap tax avoidance pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2020 baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan dengan periode penelitian 2015 – 2020 sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 60 sampel namun, terdapat 5 data outlier sehingga sampel yang digunakan jumlahnya 55 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas, manajemen laba dan leverage berpengaruh secara simultan terhadap tax avoidance. Secara parsial, profitabilitas berpengaruh positif terhadap tax avoidance sedangkan manajemen laba dan leverage tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Perusahaan yang dijadikan sampel penelitian harus lebih memperhatikan adanya indikasi tax avoidance sebab adanya indikasi tax avoidance beresiko merusak reputasi perusahaan. Pemerintah harus meningkatkan pengawasan terhadap pemungutan pajak serta memperketat peraturan perpajak agar dapat menghilangkan tindakan tax avoidance oleh perusahaan.

Kata Kunci : Leverage, Manajemen Laba, Profitabilitas, dan Tax Avoidance

Subjek

TAX
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, MANAJEMEN LABA DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOZA PANGESTU
Perorangan
ARDAN GANI ASALAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini